* Bagi anda yang tidak mengikuti program ini dari awal berikut kami sampaikan Arsip SMS Taushiyah dari TC:
u.250911,"Jika engkau bisa, jadilah seorang ulama. Jika engkau tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Bila engkau tidak bisa menjadi seorang penuntut ilmu, maka cintailah mereka. Dan jika kau tidak mencintai mereka, janganlah engkau benci mereka. (Umar bin Abdul Aziz) TC"
u.260911,"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku.
(QS. Adz Dzariyat 56) TC
KET: Ibadah ialah segala perkataan dan perbuatan, baik lahir maupun batin, yang dicintai dan diridhoi oleh Allah. Dan suatu amal akan diterima oleh Allah sebagai ibadah apabila diniati dengan ikhlas karena Allah semata dan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW."
u.270911,"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada setiap umat (untuk menyerukan) Beribadalah kepada Allah (saja) dan jauhilah thoghut.
(QS. An Nahl 36) TC
KET: Thoghut ialah setiap yg diagungkan selain Allah dg disembah, ditaati, atau dipatuhi, baik yg diagungkan itu berupa batu, manusia ataupun setan. Menjauhi thoghut berarti mengingkarinya, tidak menyembah dan memujanya, dalam bentuk dan cara apapun."
u.280911,"Katakanlah (Muhammad): Mari kubacakan apa yg diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dg Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan jgnlah kamu membunuh anak2 kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kpdmu dan kpd mereka, dan jgnlah kamu mendekati perbuatan2 yang keji, baik yg nampak maupun yg tersembunyi, dan jgnlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dg sesuatu (sebab) yg benar. Demikian itu yang diperintahkan kpdmu supaya kamu memahami(nya). (Al An'am 151) TC"
u.290911,"Rasul: Wahai Muadz, tahukah kamu apa hak Allah yg harus dipenuhi oleh hamba2-Nya, dan apa hak hamba2-Nya yg pasti dipenuhi oleh Allah?
Muadz: Allah dan RasulNya yg lebih mengetahui.
Rasul: Hak Allah yg harus dipenuhi oleh hamba2-Nya ialah hendaknya mereka beribadah kpdNya dan tidak menyekutukanNya dg sesuatupun, sedangkan hak hamba yg pasti dipenuhi oleh Allah ialah bahwa Allah tidak akan menyiksa orang2 yg tidak menyekutukanNya dg sesuatupun. (HR. Bukhari, Muslim) TC"
u.300911,"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam) sesungguhnya telah jelas jalan yg benar drpd jln yg sesat. Karena itu barangsiapa yg ingkar kpd Thaghut dan beriman kpd Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kpd buhul tali yg amat kuat yg tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
(QS. Al Baqarah 256) TC
KET: bahwa ibadah kpd Allah tidak akan terealisasi dg benar kecuali dg adanya pengingkaran terhadap thoghut."
u.011011,"Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).
(QS. Al Isra', 39) TC"
u.021011,"Beribadahlah kamu sekalian kpd Allah (saja), dan janganlah kamu mempersekutukanNya dg sesuatupun. (QS. An Nisa' 36) TC
KET: Ibadah ialah penghambaan diri kepada Allah ta'ala dg mentaati sgl perintahNya dan menjauhi sgl larangan-Nya, sebagaimana yg disampaikan oleh Rasulullah. Dan inilah hakekat agama Islam, karena Islam maknanya ialah penyerahan diri kpd Allah semata, yg disertai dg kepatuhan mutlak kepada-Nya, dg penuh rasa rendah diri dan cinta."
u.031011,"Orang2 yang beriman dan tidak menodai keimanan mereka dengan kedzoliman (kemusyrikan) mereka itulah orang2 yang mendapat ketentraman dan mereka itulah orang2 yang mendapat jalan hidayah. (QS. Al An'am 82) TC
KET: Iman= ucapan hati dan lisan yg disertai dg perbuatan, diiringi dg ketulusan niat karena Allah, dan dilandasi dg berpegang teguh kpd sunnah Rasulullah."
u.041011,"Dari Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda: Brg siapa yg bersyahadat bahwa tidak ada sesembahan yg haq (benar) selain Allah sj, tiada sekutu bagiNya, dan Muhammad adl hamba dan RasulNya, dan bahwa Isa adl hamba dan RasulNya dan kalimatNya yg disampaikan kpd Maryam, serta Ruh daripadaNya, dan surga itu benar adanya, neraka juga benar adanya, maka Allah pasti memasukkanya ke dalam surga, betapapun amal yang telah diperbuatnya. (HR. Bukhari & Muslim) TC"
u.051011,"Sesungguhnya Allah Subhanahu wata'ala mengharamkan neraka bagi orang2 yang mengucapkan LAA ILAAHA ILLALLAAH dg ikhlas dan hanya mengharapkan (pahala melihat) wajah Allah.
(HR. Bukhari & Muslim) TC
KET: Hal ini diiringi dg mentaati sgl perintahNya dan menjauhi sgl larangan-Nya, dan mengikuti Rasulullah."
u.061011,"Musa: Ya Rabb, ajarkanlah kpdku sesuatu untuk mengingatMu dan berdoa kpd Mu.
Allah berfirman: Hai Musa ucapkanlah LAA ILAAHA ILLALLAH.
Musa: Ya Rabb, smua hambaMu mengucapkan itu.
Allah: Hai Musa, andai 7 langit serta sluruh penghuninya, selain Aku, dan 7 bumi diletakkan pd satu sisi timbangan dan kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH pd sisi yg lain, niscaya kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH lebih berat timbangannya.
(HR Ibnu Hibban, Imam Hakim menshohehkannya) TC"
u.071011,"Dari Anas bin Malik Radhiallahu'anhu ia berkata aku mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: Allah Subhanahu wata'ala berfirman : Hai anak Adam, jika engkau datang kepadaKu dg membawa dosa sepenuh bumi, dan engkau ketika mati dalam keadaan tidak menyekutukanKu dg sesuatupun, pasti Aku akan datang kepadamu dg membawa ampunan sepenuh bumi pula. (HR Imam Tirmidzi, menurut penilaiannya hadits itu hasan) TC"
u.081011,"Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kpd Allah dan hanif (berpegang teguh pada kebenaran), dan sekali kali ia bukanlah termasuk orang orang yang mempersekutukan (Tuhan). (QS An Nahl 120) TC"
u.091011,"Tidak boleh Ruqyah kecuali karena ain atau terkena sengatan.
(HR. Bukhari & Muslim) TC
KET:
Ruqyah= Metode penyembuhan dg bacaan ayat2 Al Qur'an atau doa2 tertentu yang dibacakan kpd seseorang yg menderita penyakit, misal penyakit demam, ayan dan penyakit lainnya.
Ain= pengaruh jahat yg disebabkan oleh rasa dengki seseorang, melalui pandangan matanya. Disebut juga penyakit mata.
Syarat ruqyah:
1 Tdk meyakini bahwa ruqyah tsb mampu menyembuhkan dg sendirinya, tanpa izin dr Allah.
2 Tdk mengandung kata yg menyelisihi syariat, misal lafadz doa kpd selain Allah.
3 Lafadz ruqyah hendaklah dpt dipahami maknanya.
(Al Qaulul Mufid 'ala Kitabit Tauhid, Syaikh Ibnu Utsaimin, hal 187) TC"
u.101011,"Rasulullah: Aku melihat sekelompok org yg sangat banyak, maka dikatakan kepadaku: mereka itu adl umatmu dan bersama mereka ada 70.000 org yg msk sorga tanpa hisab dan tanpa disiksa lebih dahulu.
Kemudian beliau bangkit dan masuk ke dalam rumahnya, maka orang2pun memperbincangkan ttg siapakah mereka itu?
(HR. Bukhari & Muslim) TC"
u.111011,"Mereka itu (70.000 org yg msk sorga tanpa hisab dan tanpa disiksa) adalah orang2 yg tidak pernah minta ruqyah, tidak melakukan tathayyur dan tidak pernah meminta lukanya ditempeli besi yg dipanaskan, dan mereka pun bertawakkal kpd Tuhan mereka.
(HR. Bukhari & Muslim) TC
KET:
Tathayyur ialah: merasa pesimis, merasa bernasib sial, atau meramal nasib buruk karena terkena cicak, melihat ular, burung, binatang lainnya atau apa saja."
u.121011,"Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan.
(QS Al Kautsar: 2) TC
KET:
Syaikh Abdullah Alu Bassaam mengatakan: Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan: Yang dimaksud dg menyembelih hewan adl menyembelih hewan qurban setelah shalat Ied. Pendapat ini dinukilkan dari Qatadah, Atha' dan Ikrimah (Taisirul 'Allaam, 534 Taudhihul Ahkaam, IV/450. Lihat juga Shahih Fiqih Sunnah II/366)"
u.131011,"Pengertian Udh-hiyah:
Dalam istilah ilmu fiqih hewan qurban biasa disebut dg nama Al Udh-hiyah yg bentuk jamaknya Al Adhaahi (dg huruf ha' tipis)
Udh-hiyah adalah hewan ternak yang disembelih pada hari Iedul Adha dan hari Tasyriq dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah karena datangnya hari raya tersebut. (lihat Al Wajiz, 405 dan Shahih Fiqih Sunnah II/366) TC"
u.141011,"Ibunda 'Aisyah radhiyallahu'anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr ('Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.
(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dg sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450) TC"
u.151011,"Hukum Qurban dua pendapat:
Pertama, WAJIB bagi orang yang berkelapangan.
Pendapat Rabi'ah (guru Imam Malik), Al Auza'i, Abu Hanifah, Imam Ahmad, Laits bin Sa'ad, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, dan Syaikh Ibnu Utsaimin beliau mengatakan: Pendapat yg menyatakan wajib itu tampak lebih kuat drpd yg menyatakan tidak wajib. Tapi hal itu hanya diwajibkan bg yg mampu.. (lih. Syarhul Mumti', III/408)
Dalilnya Rasulullah bersabda:
Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jg sekali2 mendekati tempat shalat kami.
(HR Ibnu Majah 3123, Al Hakim 7672 dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani) TC"
u.161011,"Hukum Qurban dua pendapat:
Pendapat kedua, SUNNAH MUAKKADAH (ditekankan).
Pendapat mayoritas ulama yaitu Malik, Syafi'i, Ahmad, Ibnu Hazm dll.
Dalilnya hadits dr Abu Mas'ud Al Anshari r.a. Beliau mengatakan: Sesungguhnya aku sedang tidak akan berqurban. Padahal aku adalah orang yg berkelapangan. Itu kulakukan karena aku khawatir kalau tetanggaku mengira qurban itu adalah wajib bagiku. (HR. Abdur Razzaq dan Baihaqi dg sanad shahih)
Ibnu Hazm berkata: Tidak ada riwayat sahih dari seorang sahabatpun yang menyatakan bahwa qurban itu wajib. (lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/367-368, Taudhihul Ahkaam, IV/454) TC"
u.171011,"Selayaknya bagi mereka yang mampu, tidak meninggalkan berqurban. Karena dg berqurban akan lebih menenangkan hati dan melepaskan tanggungan, wallahu a'lam. (Tafsir Adwa'ul Bayan, 1120)
TC
KET:
Yakinlah! bagi mereka yg berqurban, Allah akan segera memberikan ganti biaya qurban yg dia keluarkan. Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat, yg satu berdo'a: Yaa Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq. Dan (malaikat) yang kedua berdo'a: Yaa Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (pelit). (HR Al Bukhari 1374 & Muslim 1010)"
u.181011,"Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berqurban agar kalian mengingat nama Allah atas rezki yang dilimpahkan kpd kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an'aam). (QS. Al Hajj: 34) TC
KET:
Hewan ternak adalah onta, sapi atau kambing dan tidak boleh selain itu.
Syaikh Ibnu Utsaimin: Bahkan jika ada orang yg berqurban dg jenis hewan lain yang lebih mahal dari pada jenis ternak tsb maka qurbannya tidak sah. Andaikan dia lebih memilih untuk berqurban seekor kuda seharga 10.000 real sedangkan seekor kambing harganya hanya 300 real maka qurbannya (dg kuda) itu tidak sah. (Syarhul Mumti', III/409)"
u.191011,"Apakah boleh berqurban dg kerbau?
Syaikh Ibn Al Utasimin: Jika hakekat kerbau termasuk sapi maka kerbau = sapi namun jika tidak maka (jenis hewan) yang Allah sebut dalam alqur'an adalah jenis hewan yang dikenal orang arab, sedangkan kerbau tidak termasuk hewan yg dikenal orang arab. (Liqa' Babil Maftuh 200/27) TC
KET:
Para ulama (kalangan Syafi'iyah dan Hanafiyah) menyamakan kerbau dg sapi (bahwa keduanya 1 jenis). Mereka membolehkan berqurban dg kerbau."
u.201011,"Syaikh Ibn Utsaimin: Jika orang punya hutang maka selayaknya mendahulukan pelunasan hutang daripada berqurban. (Syarhul Mumti' 7/455) TC
KET:
Anjuran sebagian ulama untuk mendahulukan pelunasan hutang daripada berqurban dipahami untuk kasus orang yang kesulitan dalam melunasi hutang atau hutang yang menuntut segera dilunasi (jatuh tempo)."
u.211011,"Sufyan Ats Tsauri: Dulu Abu Hatim pernah berhutang untuk membeli unta qurban.
Ia ditanya: Kamu berhutang untuk membeli unta qurban?
Dijawab: Allah berfirman: kamu memperoleh kebaikan yang banyak pada unta2 qurban tersebut (QS: Al Hajj:36)
(Tafsir Ibn Katsir, Al Hajj: 36) TC
KET:
Sikap ulama yg menyarankan untuk berhutang ketika qurban dipahami untuk kasus orang yg keadaannya mudah dlm melunasi hutang atau kasus hutang yg jatuh temponya masih panjang."
u.221011,"Bgmn qurban orang yg sudah meninggal?
Jawab:
* Hal ini jika tanpa ada wasiat dari mayit sebagian ulama' bersikap keras dan menilai perbuatan ini bid'ah. Tidak ada riwayat bahwasanya Rasul berqurban atas nama Khadijah, Hamzah, atau kerabat beliau lain yg mendahului beliau.
* Hal ini jika mayit pernah mewasiatkan kpd keluarganya untuk berqurban, maka ini diperbolehkan dalam rangka menunaikan wasiat si mayit. (Risalah Udl-hiyah Syaikh Ibn Utsaimin 51) TC"
u.231011,"Dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu beliau mengatakan: Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor onta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang. (Shahih Sunan Ibnu Majah 2536, Al Wajiz, hal. 406) TC
KET:
1 Kambing untuk 1 orang.
1 Sapi = Maksimal 7 orang.
1 Onta = Maksimal 10 orang."
u.241011,"Jabir meriwayatkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Janganlah kalian menyembelih (qurban) kecuali MUSINNAH. Kecuali bila itu menyulitkan bagi kalian maka kalian boleh menyembelih domba jadza'ah. (Muttafaq 'alaih) TC
KET:
Musinnah adl hewan ternak yg sdh dewasa.
Onta: 5 th
Sapi: 2 th
Kambing (jawa): 1 th
Domba (kambing gembel): 6 bln disebut domba Jadza'ah
(Shahih Fiqih Sunnah II/371-372, Syarhul Mumti' III/410, Taudhihul Ahkaam IV/461)"
u.251011,"Cacat pada hewan yang menyebabkan tidak sah untuk berqurban, ada 4:
1.Buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya: Jika butanya belum jelas maka boleh diqurbankan.
2.Sakit dan tampak sekali sakitnya.
3.Pincang dan tampak jelas pincangnya: Artinya pincang dan tidak bisa berjalan normal. Tapi jika baru kelihatan pincang namun bisa berjalan dg baik maka boleh dijadikan hewan qurban.
4.Sangat tua sampai tidak punya sumsum tulang.
Dan jika cacatnya lebih parah, maka lebih tidak boleh lagi untuk berqurban. (lih. Shahih Fiqih Sunnah, II/373 & Syarhul Mumti' 3/294) TC"
u.261011,"Cacat yang menyebabkan makruh untuk berqurban, ada 2:
1 Sebagian atau keseluruhan telinganya terpotong.
2 Tanduknya pecah atau patah.
(lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/373) TC
KET:
Cacat yang tidak berpengaruh pada hewan qurban (boleh dijadikan untuk qurban) namun kurang sempurna. Misalnya tidak bergigi (ompong), tidak berekor, bunting, atau tidak berhidung. Wallahu a'lam.
(lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/373)"
u.271011,"Dari Ummu Salamah Radhiyallahu 'Anha bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya.
(HR. Muslim) TC
KET:
Larangan tersebut berlaku untuk orang yg berqurban dg cara apapun dan untuk bagian manapun, mencakup larangan mencukur gundul, sebagian, atau sekedar mencabutinya. Baik rambut itu tumbuh di kepala, kumis, sekitar kemaluan maupun di ketiak (lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/376)"
u.281011,"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak jadi masalah jantan maupun betina. (HR. Ahmad & An Nasa'i dishahihkan Syaikh Al Albani) TC
KET:
Al Fairuz Abadzi As Syafi'i: Jika dibolehkan menggunakan hewan betina ketika aqiqah berdasarkan hadis ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berqurban. (Al Muhadzab 1/74)
Umumnya hewan jantan itu lebih baik dan lebih mahal dibandingkan hewan betina. Oleh karena itu, tidak harus hewan jantan namun diutamakan jantan."
u.291011,"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat Id maka sesungguhnya dia menyembelih untuk dirinya sendiri (bukan qurban). Dan barangsiapa yang menyembelih sesudah shalat itu maka qurbannya sempurna dan dia telah menepati sunnahnya kaum muslimin. (HR. Bukhari dan Muslim) TC
KET:
Waktu penyembelihan qurban adalah pada hari Iedul Adha dan 3 hari sesudahnya (hari tasyriq).
Rasulullah bersabda: Setiap hari taysriq adalah (hari) untuk menyembelih (qurban). (HR. Ahmad dan Baihaqi)"
u.301011,"Ibnu 'Umar mengatakan: Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa menyembelih kambing dan onta (qurban) di lapangan tempat shalat. (HR. Bukhari 5552) TC
KET:
Dianjurkan untuk menyembelih qurban di lapangan dlm rangka memberitahukan kpd kaum muslimin bahwa qurban sudah boleh dilakukan dan untuk mengajari tata cara qurban yg baik. Dan dibolehkan untuk menyembelih qurban di tempat manapun yang disukai, baik di rumah sendiri ataupun di tempat lain. (Lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/378)"
u.311011,"Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu menceritakan bahwa pada saat qurban Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyembelih beberapa onta qurbannya dg tangan beliau sendiri kemudian sisanya diserahkan kepada Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu untuk disembelih. (lih. Ahkaamul Idain, 32) TC
KET:
Disunnahkan bagi shohibul qurban untuk menyembelih hewan qurbannya sendiri namun boleh diwakilkan kepada orang lain."
u.011111,"Cara Penyembelihan hewan Qurban:
1 Pemilik menyembelih sendiri.
2 Jika tidak, sebaiknya ia menyaksikan.
3 Memakai alat yg tajam untuk menyembelih.
4 Hewan yg disembelih dibaringkan di atas lambung kirinya dan dihadapkan ke kiblat. Pisau ditekan kuat2 supaya cepat putus.
5 Membaca BISMILLAHI WALLAHU AKBAR ketika menyembelih.
Kemudian diikuti bacaan:
HADZA MINKA WA LAKA (HR. Abu Dawud 2795)
Atau
HADZA MINKA WA LAKA 'ANNI / 'AN FULAN (nama)
atau berdoa,
ALLAHUMMA TAQABBAL MINNI / MIN FULAN (nama)
(lih. Tata Cara Qurban Tuntunan Nabi, hal. 92)
TC"
u.021111,"Maka makanlah sebagian (daging qurban) dan beri makanlah orang yg rela dg apa yg ada padanya (yakni tidak meminta-minta) dan orang yg meminta-minta.
(QS. Al Hajj 36) TC
KET:
Sebagian salaf (ulama terdahulu) menyukai membagi daging hewan qurban menjadi tiga bagian: sepertiga untuk dirinya sendiri, sepertiga untuk hadiah bagi orang kaya dan sepertiga lagi untuk shodaqoh bagi fakir miskin. Dan tidak boleh pemotong hewan diberi daging qurban sebagai upah."
u.031111,"Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan aku untuk mengurusi penyembelihan onta qurbannya. Beliau juga memerintahkan saya untuk membagikan semua kulit tubuh serta kulit punggungnya. Dan saya tidak diperbolehkan memberikan bagian apapun darinya kepada tukang jagal. (HR. Bukhari dan Muslim) TC
KET:
Panitia adl wakil pengkurban, maka seluruh kebutuhan panitia adalah tanggung jawab para pengkurban, tidak diambilkan bagian dari binatang qurban tsb sbg upah."
u.041111,"Dari Abu Qotadah al-Anshory Radliyallaahu 'anhu: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam ditanya mengenai puasa hari Arafah, beliau menjawab: Ia menghapus dosa2 tahun lalu dan yg akan datang. (HR Muslim) TC
KET:
Bagi yg berhaji maka tidak berpuasa pada hari Arafah.
Ummul Fadhel: Aku mengirimkan secangkir susu kpd Rasul, sewaktu beliau berada di Arafah (haji) lalu beliau meminumnya (tidak puasa). (Shahih Muslim No.1895)"
u.051111,"Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang menjual kulit hewan qurbannya maka ibadah qurbannya tidak ada nilainya. (HR. Al Hakim 2/390 & Al Baihaqi) TC
KET:
Ttg haramnya menjual kulit qurban merupakan pendapat mayoritas ulama, meskipun Imam Abu Hanifah menyelisihi mereka. Menjual kulit yang dilarang adalah menjual kulit sebelum dibagikan (disedekahkan), baik yang dilakukan shohibul qurban maupun panitia mewakili shohibul qurban.
Adapun bagi penerima kulit boleh memanfaatkan kulit untuk dijual atau lainnya, karena ini sudah menjadi haknya."
u.061111,"TIPS TC:
Solusi kulit binatang kurban:
1 Kumpulkan semua kulit, kepala, dan kaki hewan qurban. Tunjuk orang2 miskin sbg penerima kulit hubungi mereka dan sampaikan bahwa panitia siap menjualkan kulit yg sudah mjd hak mereka tsb. Dg demikian panitia dalam hal ini adl sbg wakil bagi pemilik kulit untuk menjualkan kulit, bukan lagi wakil dari shohibul qurban dlm menjual kulit.
2 Serahkan semua atau sebagian kulit kepada yayasan islam sosial (misalnya panti asuhan atau pondok pesantren).
(Terdapat Fatwa Lajnah yang membolehkan menyerahkan bagian hewan qurban kepada yayasan)
Wallahu a'lam."
u.071111,"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendakiNya. (QS An Nisa 48) TC
KET:
Syirik adalah perbuatan dosa yang harus ditakuti dan dijauhi. Yg dimaksud disini adl syirik akbar (besar) yaitu memperlakukan sesuatu selain Allah sama dg Allah dalam hal-hal yang merupakan hak khusus bagi Allah."
u.081111,"Sesuatu yang paling aku khawatirkan dari kamu sekalian adalah perbuatan syirik kecil, kemudian beliau ditanya tentang itu, dan beliaupun menjawab : yaitu riya'. (HR. Ahmad, Thobroni dan Abi Dawud) TC
KET:
Riya' adalah dosa yang paling ditakuti oleh Rasulullah terhadap orang orang sholeh. Syirik ashghor (kecil), yaitu : perbuatan yang disebutkan dalam Al Qur'an dan Al hadits sebagai suatu syirik, tetapi belum sampai ke tingkat syirik akbar."
u.091111,"Perbedaan syirik akbar (besar) dan syirik asghar (kecil):
Syirik akbar menghapuskan seluruh amal, mengakibatkan pelakunya kekal di dalam neraka, dan menjadikan pelakunya keluar dari Islam.
Sedang syirik kecil (riya') hanya menghapuskan amal yang disertainya saja.
Tidak membuat pelakunya kekal di neraka, dan tidak menyebabkan pelakunya keluar dari Islam."
u.101111,"Dari Ibnu Mas'ud Radhiallahu'anhu: Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yg mati dalam keadaan menyembah sesembahan selain Allah, maka masuklah ia kedalam neraka.
(HR. Bukhari) TC
KET:
Ibnul Qoyyim: Seorang yg memberikan cinta & ketaatan kpd selain Allah melebihi cinta dan taatnya kpd Allah, maka ia telah melakukan sebuah kemusyrikan. (Madarijus Salikin)"
u.111111,"Barang siapa yang menemui Allah (mati) dalam keadaan tidak berbuat syirik kepadaNya, pasti ia masuk surga, dan barang siapa yang menemuiNya (mati) dalam keadaan berbuat kemusyrikan maka pasti ia masuk neraka. (HR Muslim) TC
KET:
Siapa yg mati tdk dlm kemusyrikan maka ia pasti masuk sorga, dan siapa yg mati dlm kemusyrikan maka ia pasti ia masuk neraka, meskipun ia termasuk orang yg banyak ibadahnya."
u.121111,"Katakanlah: Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang2 yg mengikutiku, mengajak (kamu) kepada Allah dg hujjah yg nyata, maha suci Allah, dan aku tidak termasuk orang2 yg musyrik.
(QS Yusuf 108) TC
Hujjah artinya keterangan, alasan, bukti, atau argumentasi.
KET:
Termasuk hal yg sangat penting adl menjauhkan orang Islam dari lingkungan orang2 musyrik, agar tidak menjadi seperti mereka, walaupun dia belum melakukan perbuatan syirik. (Kitab Tauhid At Tamimi)"
u.131111,"Orang2 yg mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kpd tuhan mereka, siapa diantara mereka yang lebih dekat (kpd Allah), dan mereka mengharapkan rahmatNya serta takut akan siksaNya, sesungguhnya siksa Tuhanmu adalah sesuatu yang (harus) ditakuti.
(QS Al Isra' 57) TC
KET:
Mencari sendiri jalan kpd Tuhan bisa mendatangkan kesesatan, walau terkesan baik, misal: memohon (meminta) kpd orang2 sholeh dan meminta syafaat mereka, hal ini adl kemusyrikan."
u.141111,"Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kpd bapak dan kaumnya: Sesungguhnya aku membebaskan diri dari apa yg kalian sembah, kecuali (Allah) Dzat yg telah menciptakan aku, karena hanya Dia yg akan menunjukkan (kepada jalan kebenaran).
(QS. Az Zukhruf, 26-27) TC
KET:
Pembebasan diri (dr segala sembahan yg batil) dan pernyataan setia (kpd sembahan yg haq yaitu: Allah) adl makna yg sebenarnya dari La Ilaha Illallah. (Kitab Tauhid At Tamimi)"
u.151111,"Mereka menjadikan orang2 alim dan pendeta2 mereka sebagai tuhan2 selain Allah, dan (mereka mempertaruhkan pula) Al Masih putera Maryam, pdhl mereka itu tiada lain hanyalah diperintahkan untuk beribadah kpd satu sembahan, tiada sembahan yg haq selain Dia. Maha suci Allah dari perbuatan syirik mereka.
(QS.At Taubah 31) TC
KET:
Menjadikan tuhan contohnya: Mereka malah memuji dan berdoa kpd orang2 alim dan pendeta2, padahal seharusnya hanya kpd Allah saja."
u.161111,"Diantara sebagian manusia ada yang menjadikan tuhan2 tandingan selain Allah, mereka mencintainya sbgmn mereka mencintai Allah, adapun orang2 yg beriman lebih besar cintanya kpd Allah.
(QS Al Baqarah 165) TC
KET:
Ini menunjukkan sbagian orang musyrik mempunyai kecintaan kpd Allah, namun kecintaan ini belum bisa memasukkan mereka kedalam agama Islam, karena mereka jg masih mencintai sesembahan selain Allah."
u.171111,"Katakanlah (hai Muhammad kpd orang2 musyrik): terangkanlah kpdku ttg apa yg kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kpdku, apakah berhala2 itu dpt menghilangkan kemudharatan itu?, atau jika Allah menghendaki untuk melimpahkan suatu rahmat kpdku apakah mereka mampu menahan rahmatNya?. Katakanlah: cukuplah Allah bagiku, hanya kepadaNyalah orang2 yg berserah diri bertawakkal. (QS Az zumar 38) TC"
u.181111,"Imran bin Husain Radhiallahu'anhu: Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam melihat seorang lelaki memakai gelang yang terbuat dari kuningan.
Rasul: Apakah itu?
Lelaki: Gelang penangkal penyakit.
Rasul: Lepaskan gelang itu, karena sesungguhnya ia tidak akan menambah kecuali kelemahan pada dirimu, dan jika kamu mati sedangkan gelang ini masih ada pada tubuhmu maka kamu tidak akan beruntung selama lamanya. (HR Ahmad dg sanad yg bisa diterima) TC"
u.191111,"Barangsiapa yg menggantungkan tamimah maka Allah tidak akan mengabulkan keinginannya, dan barang siapa yg menggantungkan Wada'ah maka Allah tidak akan memberikan ketenangan kepadanya.
(HR Ahmad) TC
KET:
TAMIMAH: sesuatu yg dikalungkan di leher anak2 sbg penangkal penyakit, pengaruh jahat dll.
WADA'AH: diambil dari laut menyerupai rumah kerang, menurut orang jahiliyah dpt digunakan sbg penangkal penyakit. Termasuk dalam pengertian ini adalah JIMAT."
u.201111,"Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Hudzaifah bahwa ia melihat seorang lelaki yg ditangannya ada benang untuk mengobati sakit panas, maka dia putuskan benang itu seraya membaca firman Allah Subhanahu wata'ala : Dan sebagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sesembahan2 lain)
(QS Yusuf 106) TC
KET:
Mengikatkan benang pada tubuh untuk mengobati penyakit panas adalah bagian dari syirik."
u.211111,"Sesungguhnya Ruqyah, Tamimah dan Tiwalah adalah syirik.
(HR Ahmad dan Abu Dawud dari Ibnu Mas'ud)
KET:
RUQYAH: disebut juga Ajimat (mantra2). Hal ini diperbolehkan apabila bersih dari hal syirik, misal dg pembacaan ayat Al Qur'an atau doa.
TAMIMAH: sesuatu yg dikalungkan di leher anak2 sbg penangkal penyakit, pengaruh jahat dll.
TIWALAH: sesuatu yg dibuat dg anggapan bahwa hal tersebut dapat menjadikan seorang istri mencintai suaminya, atau sebaliknya."
u.221111,"TC:
Barangsiapa yg menggantungkan sesuatu (dg anggapan bahwa barang tersebut bermanfaat atau dapat melindungi dirinya), maka Allah akan menjadikan orang tersebut selalu bergantung kepadanya.
(HR Ahmad dan At Turmudzi)"
u.231111,"TC:
Ada orang melewati kaum yg memiliki berhala, tidak boleh melewati kecuali mempersembahkan binatang untuknya.
Penjaga: Persembahkan sesuatu untuknya!
Orang: Saya tidak mempunyai apapun untuknya.
Penjaga: Persembahkan walaupun seekor lalat!
Iapun mempersembahkan seekor lalat, maka mereka melepaskannya untuk meneruskan perjalanan. Dan ia masuk kedalam neraka karenanya.
(HR Ahmad)"
u.241111,"TC:
Ada orang melewati kaum yg memiliki berhala, tdk boleh lewat kecuali mempersembahkan binatang untuknya.
Penjaga: Persembahkan sesuatu!
Orang: Aku tidak akan mempersembahkan sesuatupun untuk selain Allah.
Maka merekapun membunuhnya, dan iapun masuk kedalam surga.
(HR. Ahmad)
KET: Bahwa amalan hati adl tolok ukur yg sangat penting. Tidak dilihat nilainya, bahkan seseorang bs masuk surga/ neraka hanya karena seekor lalat yg dipersembahkan untuk berhala."
u.251111,"TC:
Bahwa ada beberapa orang laki-laki dari manusia yg meminta perlindungan kpd beberapa laki-laki dari jin, maka jin-jin itu hanya menambah dosa dan kesalahan.
(QS Al jin 6)
KET:
Meminta perlindungan kepada jin justru menambah dosa dan rasa khawatir bagi mereka, karena mereka tidak meminta perlindungan kpd Allah. Dengan demikian, ayat ini menunjukkan bahwa isti'adzah (meminta perlindungan) kepada selain Allah adalah termasuk syirik dan terlarang."
u.261111,"TC:
Khaulah binti Hakim: aku mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda: Barang siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia berdoa :
A'UDZU BI KALIMAATILLAAHIT TAAMMATI MIN SYARRI MAA KHALAQ
(aku berlindung dengan kalam Allah yang maha sempurna dari kejahatan semua mahluk yang Ia ciptakan), maka tidak ada sesuatupun yang membahayakan dirinya sampai dia beranjak dari tempatnya itu.
(HR. Muslim)"
u.271111,"TC:
Dan janganlah kamu memohon/berdoa kpd selain Allah, yg tidak dapat memberikan manfaat dan tidak pula mendatangkan bahaya kepadamu, jika kamu berbuat hal itu maka sesungguhnya kamu dg demikian termasuk orang2 yang dzolim (musyrik).
(QS Yunus 106)"
u.281111,"TC:
Dan jika Allah menimpakan kepadamu suatu bahaya, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendakiNya di antara hamba hambaNya dan Dia lah yang Maha Pengampun lagi Maha penyayang.
(QS Yunus 107)"
u.291111,"TC:
Sesungguhnya mereka yg kamu sembah slain Allah itu tidak mampu memberikan rizki kepadamu, maka mintalah rizki itu pd Allah dan sembahlah Dia (saja) serta bersyurkurlah kpdNya. Hanya kpd Nya lah kamu skalian dikembalikan. (QS. Al Ankabut, 17)
KET:
Meminta rizki hanya kpd Allah, sbgmn meminta surga."
u.301111,"TC:
Dan tiada yg lebih sesat drpd org yg memohon pd sembahan2 slain Allah, yg tdk bs mengabulkn prmohonannya smp hr kiamat & sembahan2 itu lalai dr (memperhatikan) permohonan mrk. Dan bila manusia dikumpulkan (pd hr kiamat) niscaya sembahan2 itu mjd musuh & mengingkari pemujaan mereka. (QS Al Ankabut 5-6)"
u.011211,"TC:
Sesembahan selain Allah tidak tahu kalau ada orang yg memohon kepadanya. Dia akan benci & marah kpd orang yang memohon kepadanya pd hari kiamat nanti. Bahkan pd hari kiamat nanti sesembahan selain Allah itu akan mengingkari ibadah yg mereka lakukan. (Kitab Tauhid At Tamimi: KET ttg QS Al Ankabut 5-6)"
u.021211,"TC:
Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci). Tiga bulan brturut2: Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Rajab Mudhor yg terletak antara Jumadil (akhir) & Sya'ban. (HR Bukhari 3197 dan Muslim 1679)
KET:
Ibnu Abbas: Dianggap sbg bulan suci, melakukan maksiat pd bulan tsb dosanya lebih besar, dan amalan sholeh menuai pahala yg lbh banyak. (Lathoif Al Maarif)"
u.031211,"TC:
Ibnu Abbas ra: Nabi melakukan puasa hari 'Asyura dan memerintahkan kaum muslimin melakukannya.
Ada yg berkata: Wahai Rasulullah, hari ini adl hari yg diagungkan Yahudi & Nashrani.
Rasul: Bila tiba tahun depan (insyaAllah) kita akan berpuasa pula pd hari kesembilan.
Ibnu Abbas: Belum smp tahun depan, Nabi sudah meninggal dunia.
(HR Muslim 1134)"
u.041211,"TC:
Al Baihaqi dari Ibnu Abbas: Beliau radhiyallahu 'anhuma berkata: Selisihilah Yahudi. Puasalah pada hari 9 (tasu'a) dan 10 Muharram (asyura). (Sanad hadits ini shohih)
KET:
Saudaraku, insyaAllah 9 & 10 Muharram jatuh pd tgl 5 & 6 Des 2011, mari kita rencanakan untuk berpuasa."
u.051211,"TC:
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura?
Rasul: Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.
(HR Muslim 1162)
KET:
An Nawawi: Para ulama sepakat hukum puasa Asyura adl sunnah. (Al Minhaj Syarh Muslim 8/4)"
u.061211,"TC:
Ayyub bin Al Qariyyah:
Yg paling berhak mndpt penghormatan ada 3:
Ulama, Saudara (sesama Mukmin) & Penguasa. Siapa yg meremehkan ulama ia merusak kepribadiannya sendiri. Siapa meremehkan penguasa ia merusak dunianya. Dan orang yg brakal tdk meremehkan siapapun.
(Jami' Bayanil Ilmi Ibn Abdil Barr 231)"
u.071211,"TC:
Atau siapakah yg mengabulkan (do'a) orang2 yg dlm kesulitan disaat ia berdo'a kpdNya, & yg menghilangkan kesusahan, & yg menjadikan kamu sekalian menjadi khalifah di bumi? adakah sesembahan (yg haq) selain Allah? amat sedikitlah kamu mengingat(Nya). (QS An Naml 62)"
u.081211,"TC:
Dari 'Aisyah, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya matahari & bulan adl tanda2 kekuasaan Allah, yg tdk (ada kaitan) dg kematian & kehidupan seseorang. Maka bila kalian menyaksikan hal itu, berdoalah kpd Allah, bertakbirlah, shalatlah, dan bershadaqahlah. (HR Bukhari)
INFO: Insya Allah tgl 10 Des 2011 akan tjd gerhana bulan total pk: 18.33 WIB s/d 00.29 WIB (http://m.nationalgeographic.co.id)
Mari kita persiapkan melakukan shalat sunah Khusuf (gerhana)."
u.091211,"TC:
Telah tjd gerhana pd masa Rasulullah. Beliau lalu mengutus seseorang menyeru ASH SHALATU JAMI'AH (mari shalat berjama'ah). Orang2 kemudian berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan 4 kali ruku' dan 4 kali sujud dlm 2 raka'at. (HR Muslim 901)
KET: Shalat gerhana: Dilakukan 2 raka'at, setiap rakaat ada 2 ruku', 2 sujud. Kemudian Khutbah. (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/435-437)"
u.101211,"TC:
Cara Shalat gerhana:
1 Niat dlm hati.
2 Takbiratul ihram.
3 Istiftah, ta'awudz, Al Fatihah & surat yg panjang.
4 Ruku'.
5 I'tidal.
6 Membaca Al Fatihah & surat lebih pendek.
7 Ruku' lagi lebih pendek dr sebelumnya.
8 I'tidal.
9 Kemudian sujud, duduk, sujud.
10 Bangkit dr sujud, berdiri mengerjakan raka'at kedua sbgmn raka'at pertama.
11 Tasyahud.
12 Salam.
13 Khutbah.
(Lihat Zaadul Ma'ad Ibnul Qayyim 349-356, Shahih Fiqih Sunnah 1/438)"
u.111211,"TC:
Brgsiapa menyeru kpd hidayah (petunjuk) maka ia mendapatkan pahala sbgmn pahala orang yg mengerjakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan brgsiapa menyeru kpd kesesatan maka ia mendapatkan dosa sbgmn dosa orang yg mengerjakannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun. (HR Muslim 4831)"
u.121211,"TC:
Orang munafik selalu menyakiti orang2 mu'min.
Seorang mu'min berkata: Marilah kita bersama memohon perlindungan kpd Rasulullah supaya dihindarkan dari buruknya org munafik ini!
Rasul: Sesungguhnya aku tdk boleh dimintai perlindungan, hanya Allah sajalah yg boleh dimintai perlindungan.
(HR Thabrani)"
u.121211,"INFO:
Saat ini TC menyampaikan lanjutan serial Kitab Tauhid At Tamimi.
Terima kasih tetap setia membaca SMS dr kami.
Doakan agar kami tetap istiqamah.
(Team TC)"
u.131211,"TC:
Apakah mereka mempersekutukan (Allah) dg berhala2 yg tdk dpt menciptakan sesuatupun? sedang berhala2 itu sendiri buatan orang, dan berhala2 itu tidak mampu memberi pertolongan kpd penyembah2nya dan kpd dirinya sendiripun berhala2 itu tidak dapat memberi pertolongan. (QS Al A'raf 191-192)"
u.141211,"TC:
Dan sesembahan2 yg kalian mohon selain Allah, tdk memiliki apa2 walau setipis kulit ari. Jika kamu seru mereka, mrk tdk akn dengar seruanmu, kalaupun mendengar, mrk tdk bs memenuhi permintaanmu, & pd hari kiamat mrk akan mengingkari kemusyrikanmu, & tiada yg dpt memberi keterangan kpdmu sbgmana yg diberikan oleh yg Maha Mengetahui. (QS Fathir 13-14)"
u.151211,"TC:
Anas bin Malik:
Ketika perang Uhud Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam terluka kepalanya, & pecah gigi serinya, mk beliau bersabda: Bgmn akan beruntung suatu kaum yg melukai Nabinya?
Kemudian turun ayat: Tak ada hak apapun bagimu dalam urusan mereka itu.
(QS. Ali Imran 128)
(HR Bukhori dan Muslim)"
u.161211,"TC:
Ibnu Umar Radhiallahu'anhu: Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam ketika beliau berdiri dari ruku' pd rakaat yg terakhir dlm sholat shubuh:
Ya Allah, laknatilah sifulan dan sifulan, setelah beliau mengucapkan RABBANA LAKAL HAMDU.
(HR Bukhari)
KET:
Dianjurkannya melakukan qunut nazilah (hanya dilakukan ketika umat Islam dlm keadaan bahaya)"
u.171211,"TC:
Abu Hurairah: Sungguh sy mendekati shalat Nabi. Lalu dia membaca qunut dlm rakaat terakhir shalat zhuhur, isya, & subuh stlh ia membaca Sami'allahu liman hamidah. Lalu, ia mendoakan orang2 mukmin dan mengutuk orang2 kafir.
Anas: Qunut itu pd shalat magrib dan subuh. (Ringkasan S. Bukhari 432-433)"
u.181211,"TC:
Berapa banyak amal besar yang menjadi kecil nilainya karena niat. Dan berapa banyak amal kecil yang menjadi besar nilainya karena niat. (Ibnul Mubarak)"
u.191211,"TC:
Pendapat imam madzhab ttg qunut:
Ulama Malikiyyah: Bahwa tidak ada qunut kecuali pd shalat shubuh saja. Tidak ada qunut pada shalat witir dan shalat2 lainnya.
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibnu 'Utsaimin)"
u.201211,"TC:
Pendapat imam madzhab ttg qunut:
Ulama Syafi'iyyah: Bahwa tdk ada qunut dlm shalat witir kecuali ketika separuh akhir Ramadhan. Qunut pada shalat shubuh dlm setiap keadaan. Qunut juga pd selain shubuh jk kaum muslimin tertimpa musibah (yaitu qunut nazilah).
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibnu 'Utsaimin)"
u.211211,"TC:
Pendapat ttg qunut:
Ulama Hanafiyyah: Disyariatkan qunut pd shalat witir. Tdk qunut pd shalat lain kecuali pd saat kaum muslimin tertimpa musibah, ini hanya pd shalat shubuh sj, yg membaca imam lalu diaminkan jamaah dan tdk ada qunut jk shalatnya sendirian.
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibnu 'Utsaimin)"
u.221211,"TC:
Pendapat ttg qunut:
Ulama Hanabilah: Disyari'atkan qunut dlm witir. Tdk qunut pada shalat lain kecuali jika ada musibah yg besar selain musibah penyakit. Pada kondisi ini imam atau yang mewakilinya berqunut pada shalat lima waktu selain shalat Jum'at.
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibnu 'Utsaimin)"
u.231211,"TC:
Ttg Qunut: Yg lebih kuat, tidak disyari'atkan qunut pd shalat fardhu kecuali pd saat nawazil (kaum muslimin tertimpa musibah).
Qunut Witir: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan Al Hasan bin 'Ali bacaan qunut witir: Allahummah diini fiiman hadayt. Sebagian ulama menshahihkan hadits ini. Jika seseorang melakukan qunut witir, maka itu baik. Jika meninggalkannya, juga baik. Hanya Allah yg memberi taufik.
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibn 'Utsaimin)"
u.241211,"TC:
Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin: Seandainya imam mbaca qunut shubuh, makmum hendaklah mengikuti imam, mengamininya. Ini dilakukan untuk menyatukan kaum muslimin. Wajib bagi kaum muslimin untuk berlapang dada dlm masalah yg masih boleh ada perselisihan satu & lainnya. (Majmu' Fatawa wa Rosa-il)"
u.251211,"TC:
Imam Ahmad: Bahwa bila seseorang bermakmum dg imam yg mbaca qunut shubuh, maka hendaklah dia mengikuti dan mengamini do'anya. Padahal Imam Ahmad berpendapat tidak disyari'atkannya qunut shubuh. Beliau memberikan keringanan dlm hal ini karena khawatir terjadinya perselisihan yang dapat menyebabkan renggangnya hati (antar sesama muslim)
(Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibn Utsaimin)
Baca selengkapnya di: http://smstc.blogspot.com"
u.261211,"TC:
Wahai kaum quraisy, tebuslah diri kalian (dr siksa Allah dg memurnikan ibadah kpdNya). Sedikitpun aku tdk bisa berbuat apa2 dihadapan Allah untuk kalian. (HR Bukhari)
KET: Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam mengingatkan bahwa keadaan kita dihadapan Allah adalah sesuai dg amalan kita masing2."
u.271211,"TC:
Rasul: Wahai Fatimah binti Rasulullah, mintalah kpdku apa saja yg kau kehendaki, tapi sedikitpun aku tdk bs berbuat apa2 untukmu dihadapan Allah nanti. (HR Bukhari)
KET: Jika beliau sebagai pemimpin para rasul telah berterus terang tidak bisa membela putrinya sendiri, bgmn dg orang orang tertentu yang ditokohkan dalam masalah agama, dan merasa bahwa dirinya patut diikuti, disegani dan diminta berkah doanya?"
u.281211,"TC:
Dan berilah peringatan dg apa yg telah diwahyukan itu kpd orang2 yg takut akan dikumpulkan kpd Rabb mereka (pd hari kiamat), sedang mereka tidaklah mempunyai seorang pelindung dan pemberi syafaatpun selain Allah, agar mereka bertakwa. (QS Al An'am 51)
KET: Syafaat hanya milik Allah."
u.291211,"TC:
Katakanlah (hai Muhammad): Hanya milik Allah lah syafaat itu semuanya. (QS Az zumar 44)
KET: Syafaat telah dijadikan dalil oleh kaum musyrikin dalam memohon kpd malaikat, nabi & wali. Padahal tiada yg dapat memberi syafa'at kecuali dg seizinNya bagi siapa yg mendapat ridhaNya."
u.301211,"TC:
Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa seizinNya. (QS Al baqarah 255).
KET: Dan berapa banyak malaikat di langit, syafaat mereka sedikitpun tidak berguna, kecuali sesudah Allah mengiizinkan (untuk diberi syafaat) bagi siapa saja yg dikehendaki & diridhoiNya. (QS An Najm 26)"
u.311211,"TC:
Katakanlah: Serulah mereka yg kamu anggap (sbg tuhan) selain Allah, mrk tak memiliki kuasa sebiji atom pun di langit maupun di bumi, & mereka tidak mempunyai andil apapun dlm (penciptaan) langit & bumi, & sama sekali tiada diantara mereka menjadi pembantu bagiNya. Dan tiadalah berguna syafaat di sisi Allah, kecuali bagi orang yang telah diizinkanNya memperoleh syafaat itu. (QS. Saba' 22)"
Rabu, 15 Februari 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar