Ads 468x60px

Andaikata seorang muslim tidak memberi nasihat kepada saudaranya kecuali setelah dirinya menjadi orang yang sempurna, niscaya tidak akan ada para pemberi nasihat. Akan menjadi sedikit jumlah orang yang mau memberi peringatan dan tidak akan ada orang-orang yang berdakwah di jalan Allah ‘Azza wa Jalla. (Al Hasan Al Bashri)

Kamis, 31 Mei 2012

Arsip SMS 7 (16 02 2012 - 31 05 2012)

* Bagi anda yang tidak mengikuti program ini dari awal berikut kami sampaikan Arsip SMS Taushiyah dari TC:


u.160212,"TC:
Terangkanlah kpdku (wahai kaum musyrikin) ttg (berhala yg kamu anggap sbg anak perempuan Allah): Al-Lata, dan Al-'Uzza... (An-Najm:19).

KET: Berhala ini asal usulnya adl kuburan orang yg shalih.
Mujahid: Al-Lata adl orang yg dahulu mengadukkan tepung (dg air atau minyak) untuk para jama'ah haji. Setelah meninggal, mereka pun senantiasa mendatangi kuburannya. (akhirnya menjadikan berhala terbesar orang2 Jahiliyah)"

u.170212,"TC:
dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah melaknat kaum wanita yg menziarahi kuburan serta orang2 yg membuat tempat ibadah & memberi penerangan lampu di atas kuburan. (HR para penulis Kitab Sunan)
(Kitab Tauhid At Tamimi BAB 21)

Ketik MENU untuk info ttg TC atau klik http://www.smstc.blogspot.com."

u.180212,"TC:
Rasulullah melaknat kaum wanita yg menziarahi kuburan. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dll)

KET:
Syaikh Al-Albani: Dimakruhkannya ziarah kubur bg wanita karena mereka sedikit rasa sabarnya dan kurang kontrol (ketika sedih).
Imam Qurthubi: Laknat bg wanita yg sering ziarah kubur, karena banyak keluar rumah, meratap dll.
Adapun berziarah adl boleh berdasar hadits: Sungguh dulu aku melarang ziarah kubur, kini berziarahlah. (HR Ahmad, al-Hakim dll)"

u.190212,"TC:
Sesungguhnya telah datang kpdmu seorang rasul dr kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang2 mu'min. (QS At-Taubah: 128)

KET:
Ja'far bin Abu Tholib: Sesungguhnya Allah mengutus kpd kami seorang rosul yg kami ketahui nasab, sifat, tindak tanduknya, kejujuran dan
 amanahnya. (Fathul Majid)"

u.200212,"TC:
Sesungguhnya telah datang kpdmu seorang rasul dr kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu... (QS At-Taubah: 128)

KET:
maksudnya Rasulullah merasa sedih dg derita kaumnya & beban yg berat (yakni dari) kekufuran, kesesatan, pembunuhan, penawanan dan ujian lantaran kebenaran yg mereka pegang. (Fathul Majid)"

u.210212,"TC:
Janganlah kamu jadikan rumah-rumah kamu sebagai kuburan. (HR Abu Dawud dg isnad hasan, Kitab Tauhid BAB 22)
KET:
Ibnu Taimiyah: Jgn kosongkan rumahmu dr shalat, do'a dan mbaca al-Qur'an sehingga mjd spt kuburan. Beliau memerintahkan menghidupkan ibadah di rumah dan melarang menghidupkan ibadah dikuburan sbg bentuk penyelisihan kita thd orang2 musyrik. Anjuran melakukan sholat nafilah di rumah dan makruh mbaca al-Qur'an dikuburan. (Fathul Majid)"

u.220212,"TC:
Rasul: Dan janganlah kamu jadikan kuburanku sbg tempat perayaan. (HR Abu Dawud dg isnad hasan, Kitab Tauhid BAB 22)
KET:
Ibnu Taimiyah: Sesungguhnya kuburan yg paling mulia di muka bumi ini adl kuburan Rasulullah dan beliau telah melarang umatnya untuk menjadikan kuburan beliau sbg tempat perayaan, jadi larangan terhadap selain kuburan beliau adalah lebih keras. (Fathul Majid)"

u.230212,"TC:
Rasul: ucapkanlah shalawat untukku karena sesungguhnya ucapan shalawatmu sampai kepadaku di manapun kamu berada. (HR Abu Dawud dg isnad hasan, Kitab Tauhid BAB 22)
KET:
Bahwa bershalawat untuk Nabi tidak perlu datang kuburannya. Shalawat & salam kpd Rasulullah akan smp kpd beliau sekalipun jarak kita jauh dg beliau. Di alam barzakh akan ditampakan kpd beliau segala amal umatnya yg berupa solawat dan salam. (Fathul Majid)"

u.240212,"TC:
sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yg menukarnya (kitab Allah) dg sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat. (Al-Baqarah: 102)
KET:
Imam Qatadah & Ibnu Abbas: bahwa tukang sihir tidak mendapatkan bagian di akhirat. Ayat ini menunjukkan haramnya sihir. (Fathul Majid)"

u.250212,"TC:
Mereka percaya kepada jibt dan thaghut. (An-Nisa': 51)
KET:
Menurut Umar: Jibt ialah sihir, sedangkan thaghut ialah setan. (Kitab Tauhid BAB 24)"

u.260212,"TC:
Rasul: Jauhi 7 hal yg membawa kpd kehancuran.
Sahabat: Apa 7 hal itu ya Rasulullah?
Rasul: Syirik kpd Allah, sihir, membunuh jiwa yg diharamkan Allah kec dg sebab yg dibenarkan agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dlm perang dan menuduh zina wanita2 mu'minah. (HR Al-Bukhari dan Muslim)"

u.270212,"TC:
Adapun hukuman bagi tukang sihir adl dipenggal lehernya, sbgmn sabdanya: Hukuman bagi tukang sihir ialah dipenggal lehernya dg pedang. (HR At-Tirmidzi)
KET:
Hukuman mati thd tukang sihir telah dilakukan oleh tiga orang sahabat Nabi yaitu Umar, Hafshah dan Jundab."

u.280212,"TC:
Iyafah, Tharq dan thiyarah adl termasuk jibt (sihir).
(HR Abu Dawud, Nasa'i & Ibn Hibban)
KET:
Iyafah: meramal nasib dg mnerbangkan burung.
Tharq: meramal nasib dg mmbuat garis di atas tanah.
Thiyarah: merasa bernasib sial /meramal buruk karena melihat burung, ular, binatang
lainnya, atau apa saja."

u.290212,"TC:
Barangsiapa mempelajari sbagian dr ilmu nujum, sesungguhnya dia telah mempelajari sebagian ilmu sihir. Semakin bertambah (ilmu yg dia pelajari) semakin bertambah pula (dosanya).
(HR Abu Dawud)
KET:
Nujum yg dimaksud adl Astrologi (meramal dg bintang2)."

u.010312,"TC:
Barangsiapa yg membuat buhulan, lalu meniup pdnya (sbgmn dilakukan tukang sihir), maka dia telah melakukan sihir; dan brgsp melakukan sihir, maka dia telah berbuat syirik; sedang brgsiapa yg menggantungkan diri pd benda (jimat), maka dirinya dijadikan Allah bersandar kpd benda itu. (HR An-Nasa'i)"

u.020312,"TC:
Dari Ibnu Mas'ud bahwa Rasulullah bersabda, Maukah kamu aku beritahu apakah 'adh-h itu? Ialah perbuatan mengadu domba, yaitu banyak membicarakan keburukan dan menghasut di antara orang2. (HR Muslim)."

u.030312,"TC:
Dari Ibnu 'Umar, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya di antara susunan kata yg indah terdapat apa yang disebut sihir. (HR Al-Bukhari dan Muslim)
KET:
Kata indah itu bisa beraksi spt sihir, sehingga kebenaran mjd kebathilan dan kebathilan mjd kebenaran, lalu hati orang2 bodoh akan tertarik kepadanya."

u.040312,"TC:
Barangsiapa mendatangi seorang dukun dan mempercayai apa yg dikatakannya, maka sesungguhnya dia telah kafir (ingkar) dg wahyu yg diturunkan kpd Muhammad. (HR Abu Daud)
KET:
Ini menunjukkan kufurnya tukang sihir & dukun, orang yg membenarkan keduanya berarti meyakini dan ridho dg hal itu, mk ia sama."

u.050312,"TC:
Barangsiapa mendatangi tukang ramal lalu mananyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh hari. (HR Muslim)
KET:
Tidak akan bertemu dlm diri seorang mukmin antara iman kpd Al-Qur'an dg percaya kpd tukang ramal, dukun dan sejenisnya."


u.060312,"TC:
Kahin (dukun) adl orang yg memberitahukan ttg perkara2 yg akan terjadi di masa mendatang, yg diperolehnya dari setan penyadap berita di langit. (Kitab Tauhid BAB 26)
KET:
Sebelum bi'tsah (Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam diutus) dukun2 tsb sangat banyak, tapi setelah itu berkurang (sedikit), karena Allah menjaga langit dg bintang2. Orang mengira itu kasyf (penyingkapan sesuatu yg ghaib) dan karamah. Mereka dianggap wali Allah, padahal wali syaithan."

u.070312,"TC:
Ibnu Taimiyah: Al-'Arraf adl sebutan untuk tukang ramal, tukang nujum, peramal
 nasib dan yang sebangsanya, yang menyatakan tahu tentang perkara2 (yang tidak diketahui orang lain) dg cara2 tersebut. (Kitab Tauhid BAB 26)"

u.080312,"TC:
Kahin (dukun) adl orang yg memberitahukan ttg perkara2 yg akan terjadi di masa mendatang, yg diperolehnya dari setan penyadap berita di langit. (Kitab Tauhid BAB 26)
KET:
Sebelum bi'tsah (Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam diutus) dukun2 tsb sangat banyak, tapi setelah itu berkurang (sedikit), karena Allah menjaga langit dg bintang2. Orang mengira itu kasyf (penyingkapan sesuatu yg ghaib) dan karamah. Mereka dianggap wali Allah, padahal wali syaithan."

u.090312,"TC:
Sungguh Allah, Hanya pd sisi-Nya saja pengetahuan ttg hari Kiamat, dan Dia-lah yg menurunkan hujan, dan mengetahui apa yg ada dlm rahim. (QS Luqman: 34)"

u.100312,"TC:
Dan pd sisi Allah-lah kunci2 semua yg ghaib, tiada yg tahu kec Dia sendiri, dan Dia tahu apa yg di darat & laut, & tiada sehelai daun pun yg gugur kec Dia mengetahuinya (pula), dan tdk jatuh sebutir biji dlm kegelapan bumi, & tdk sesuatu yg basah atau yg kering, kec tertulis dlm Kitab yg nyata (Lauh Mahfudz) (Al An'am 59)"


u.110312,"TC:
Dan tiada seorangpun mengetahui (dg pasti) apa yg akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yg tahu di bumi mana dia akan mati. Sungguh Allah Maha Tahu lagi Maha Mengenal. (QS Luqman: 34)"

u.120312,"TC:
Nusyroh adalah bagian dari pengobatan atau jampi-jampi untuk mengobati orang yang diyakini kerasukan jin. (Kamus Abu Sa'adat, Fathul Majid)"

u.130312,"TC:
Rasulullah ditanya ttg nusyrah, beliau menjawab: Hal itu termasuk perbuatan setan. (HR Ahmad, Kitab Tauhid BAB 27)
KET:
Al Hasan: nusyroh adl sihir.
Ibnul Jauzi: Nusyroh adl membuka sihir dr orang yg terkena sihir dan hampir tiada orang yg melakukannya kecuali orang yg mengetahui sihir. (Fathul Majid)"

u.140312,"TC:
Qatadah: Seseorang yg terkena sihir atau diguna-gunai tdk dpt menggauli
 istrinya, apa boleh disembuhkan dg nusyrah, atau cara lain?
Ibn Al-Musayyab: Tdk apa2 hukumnya, karena yg mereka inginkan hanyalah kebaikan untuk menolak mudharat. Sedangkan sesuatu yg bermanfaat itu tdk dilarang. (HR Bukhari)"

u.150312,"TC:
Ibnu Al-Qayyim: Nusyrah ada dua macam. Pertama, dg menggunakan sihir, ini termasuk perbuatan setan. Karena orang yg menyembuhkan dan yg disembuhkan mengadakan pendekatan kpd setan dg apa yg diinginkannya, sehingga setan itu gagal memberi pengaruh thd orang yang terkena sihir itu. (Kitab Tauhid BAB 27)"

u.160312,"TC:
Ibnu Al-Qayyim: Nusyrah ada dua macam.
Yg kedua yaitu penyembuhan dg menggunakan ruqyah, ayat-ayat Al Qur'an, ta'awudz, obat2an dan do'a2 yg diperkenankan. Cara ini hukumnya jaiz (boleh). (Kitab Tauhid BAB 27)"

u.170312,"TC:
Kesurupan ada dua macam:
Pertama: Alami, yaitu kesurupan (hilang akal) yg disebabkan adanya benturan pd kepala, kedinginan, hujan, penyakit (ayan) dll. Ini bs diobati lewat bantuan dokter, dan dg banyak berdoa serta memohon kesembuhan kpd Allah Subhanahu waTa'ala.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u170312,"TC:
Ikuti serial SMS ttg MACAM JENIS KESURUPAN DAN CARA PENGOBATANNYA."

u.180312,"TC:
Kesurupan ada dua macam:
Kedua: gangguan Jin.
Dg sebab2:
*Kecintaan Jin kpd manusia.
*Perbuatan zhalim manusia kpd jin (walau tdk sengaja). Misal: menyiram dg air panas, menjatuhinya dg barang dari tempat tinggi dll, yg saat melakukan dia lupa mbaca bismillah.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.190312,"TC:
Perbuatan zhalim (gangguan) jin kpd manusia tanpa sebab apapun tidak mungkin terjadi pd manusia, kecuali pd situasi ketika manusia:
* Sangat marah.
* Sangat ketakutan.
* Saat tenggelam dalam nafsu syahwat.
* Ketika lalai dari dzikir kpd Allah.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.200312,"TC:
Tanda kesurupan:
Saat tidur: banyak keringat, sering terjaga, sering mimpi buruk dan menakutkan, merasa kesakitan saat tidur, sering bermimpi seakan jatuh dari tempat sangat tinggi, atau melihat dirinya berada di kuburan, tempat sampah, di jalan2 menakutkan dll.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.210312,"TC:
Tanda kesurupan:
Saat terjaga (sadar & tdk tidur): Pusing terus tanpa sebab yg jelas, malas berdzikir kpd Allah, linglung, badan lemah & malas beraktifitas apapun, kejang-kejang, serta merasa sakit pada setiap anggota tubuh, yg para dokter tdk mampu mengobatinya.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.220312,"TC:
Tanda bahwa kita sedang berbicara dg Jin adl jika orang yg kesurupan ini:
*menutup kedua mata atau membelalakkannya
*meletakkan kedua tangan pd mata
*seluruh bagian tubuhnya gemetaran
*menjerit dan berteriak keras
*serta terus menyebut namanya.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.230312,"TC:
Orang yg kesurupan harus menguatkan diri dan tdk mudah menyerah dg penyakit yg menyerangnya, giat ibadah kpd Allah dan banyak membaca ta'awwudz, juga doa2 sahih yg diajarkan Rasulullah kpd umatnya, hingga hati dan lisan mjd terbiasa dg (dzikir) doa dan ta'awwudz.
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.240312,"TC:
Ibnu Taimiyah: Sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yg utama, kebiasaan para nabi dan orang2 shalih. Mereka menangkis setan2 dari anak Adam dg apa yg diperintahkan oleh Allah dan RasulNya
.
(As-Sunnah Ed 06 Th IX/1426H/2005M)
KET: Ruqyah bkn alternatif. Seharusnya jd pilihan pertama seorang yg sakit."

u.250312,"TC:
Syarat Ruqyah:
*Menggunakan ayat Al Qur'an atau dg Asmaul Husna atau dg sifat2 Allah Azza wa Jalla, atau dg doa yg diajarkan Rasulullah.
*Menggunakan bahasa Arab, atau selain Arab yg difahami maknanya.
*Yakin bahwa ruqyah tsb tdk menyembuhkan dg sendirinya, tapi dg kekuasaan Allah. Karena ruqyah hanyalah salah satu sebab kesembuhan. Dan Allah-lah yg menyembuhkan."

u.260312,"TC:
Tata Cara Ruqyah:
*Niat & ikhlas mencari ridha Allah saat membaca dan berdoa.
*Mbaca Al Qur'an, Seluruh Al Qur'an pd dasarnya bs untuk meruqyah. Namun ayat yg disebutkan dalil2nya akan lebih berpengaruh.*Menghayati makna bacaan Al Qur'an /doa yang dibaca.
*Memperdengarkan bacaan ruqyahnya.
*Meniup pd tubuh yg sakit di tengah2 pembacaan ruqyah.
(As-Sunnah Ed 06 Th IX/1426H/2005M)"

u.270312,"TC:
Ayat2 untuk meruqyah:
*Al Baqarah: 1-4, 163-164, 255-257, 284-286
*Ali Imran: 1-4, 18
*Al A'raf: 54-56
*Al Mu'minun: 115-118
*Al Jin: 3
*Ash Shafat: 1-10
*Al Hasyr: 21-24
*Ar Rahman: 31-34
*Al Qalam: 51-52
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.280312,"TC:
Ibnul Qayyim: Ibnu Taimiyah saat meruqyah orang kesurupan, membaca di telinga pasiennya:
Apakah kalian mengira, bahwa sesungguhnya Kami mencipta kalian hanya untuk main2 (saja), dan kalian tidak akan dikembalikan kpd Kami? (QS. Al-Mu'minun: 115).
('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.290312,"TC:
Ibnu Taimiyah mbaca ayat Kursi saat meruqyah pasien. Bahkan menyuruh pasien & yg mengobati, senantiasa mbaca ayat kursi dan al-mu'awidzatain (Surat an-Nas dan al-Falaq). Jika jin yg merasuk sangat nakal, membangkang dan tdk mau keluar, maka cara mengeluarkannya adl dg memukulinya. (Zaadul Ma'ad: 4/68)"

u.300312,"TC:
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan, karena syetan selalu terbirit-birit dari rumah yang surat Al-Baqarah dibaca didalamnya. (HR. Muslim: 6/68 dan At-Tirmidzi: 5/153)"

u.310312,"TC:
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: Wahai Uqbah! Tiada seorangpun yg bakal dilindungi Allah dg sepenuhnya kecuali dg 3 surat (yaitu Al Ikhlas, Al Falaq & An Naas)
(HR Nasai: 8/250; Al-Albani: ini sahih)
KET: Setiap Surat dlm Al-Quran yg menyebutkan janji Allah ttg nikmat atau siksa. Juga ttg neraka, Jin & syetan. Sangat ampuh untuk mengusir syetan & jin (dg izin Allah). ('Ilajul Amradhi BilQur'an WasSunnah)"

u.010412,"TC:
Apabila engkau berlimpah nikmat maka jagalah, karena maksiat akan membuat nikmat hilang dan lenyap. Barang siapa yang tidak mau bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah kepadanya maka dia akan disiksa dengan nikmat itu sendiri. (Asyru Nashaa'ih libnil Qayyim li shabri 'anil ma'shiyah)"

u.020412,"TC:
Brgsp yg bertaqwa kpd Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka2nya. (QS Ath Thalaq: 2-3)
KET:
Imam Ibnu Katsir: Siapa yg bertakwa kpd Allah dlm segala yg diperintahkan dan menjauhi yg Dia larang maka Allah akan memberikan jalan keluar dalam setiap urusannya, dan Dia akan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka2, yakni dari jalan yg tidak pernah terlintas sama sekali sebelumnya."

u.030412,"TC:
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman artinya: Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS Al A'raf 96)"

u.040412,"TC:
Maka aku katakan kpd mereka: Mohonlah ampun kpd Rabbmu, sesungguhnya Dia adl Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dg lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun2 dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai2. (QS Nuh: 10-12)
KET:
Al-Qurthubi: Ayat ini dan juga surat Hud (ayat 52) terdapat petunjuk bahwa istighfar merupakan penyebab turunnya rizki dan hujan."

u.050412,"TC:
Barangsiapa terjerumus dlm sebuah kesalahan, maka dia adl seorang manusia, dan siapa yg terus-menerus dlm kesalahan tsb, maka dia adl syetan. (Al-Hikmah)"

u.060412,"TC:
Ada seseorang yg mengadukan kekeringan kpd Hasan al-Bashri, maka beliau berkata: Beristighfarlah kpd Allah, lalu ada orang lain yg mengadukan kefakirannya, dan beliau jawab: Beristighfarlah kpd Allah. Ada lagi yg mengatakan: Mohonlah kpd Allah agar memberikan kpdku anak! Maka beliau jawab: Beristighfarlah kpd Allah. Kemudian ada yg mengeluhkan kebunnya kering kerontang, beliau juga menjawab: Beristighfarlah kpd Allah. (Al Asbab al Jalibah lir Rizqi)"

u.070412,"TC:
Seseorang: Banyak yg berdatangan mengadukan persoalan, namun kau memerintahkan mereka semua agar beristighfar.
Hasan al-Bashri: Aku mengatakan itu bukan dr diriku, sungguh Allah swt telah berfirman di dlm surat Nuh
(ayat 10-12).
KET:
Istighfar yg dimaksud adl dg hati & lisan lalu berhenti dr sgl dosa, orang yg beristighfar dg lisannnya sj kmd dosa2 masih terus dia kerjakan dan hati masih senantiasa menyukainya, maka ini merupakan istighfar yg dusta."

u.080412,"TC:
Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. (QS At Thalaq: 3)
KET:
Tawakkal mrpkn bentuk mmperlihatkan kelemahan diri & sikap brsandar kpd-Nya sj, lalu mengetahui dg yakin bahwa Allah yg memberikan sgl yg ada di alam baik berupa makhluk, rizki, pemberian, madharat & manfaat, kefakiran & kekayaan, sakit & sehat, kematian & kehidupan dan selainnya adl dari Allah semata. (Al Asbab al Jalibah lir Rizqi)"

u.090412,"TC:
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Seandainya kalian mau bertawakkal kpd Allah dg sebenar-benarnya maka pasti Allah akan memberikan rizki kepadamu sbgmn burung yg diberi rizki, pagi2 dia dlm keadaan lapar dan kembali dlm keadaan kenyang. (HR Ahmad, at-Tirmidzi dan dishahihkan al-Albani)"

u.100412,"TC:
Dari Abu Hurairah berkata Aku mendengar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda: Siapa yg senang untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung silaturrahim. (HR Al Bukhari)"

u.110412,"TC:
Nabi Shallallaahu alaihi wasalam bersabda: Ketahuilah orang yg ada hubungan nasab dg kau yg engkau harus menyambung hubungan kekerabatan dgnya. Karena sesungguhnya silaturrahim menumbuhkan kecintaan dalam keluarga, memperbanyak harta dan memperpanjang umur. (HR. Ahmad dishahihkan al-Albani)
KET:
Kerabat (arham) adalah siapa saja yang ada hubungan nasab antara kita dg mereka, baik itu ada hubungan waris atau tidak, mahram atau bukan mahram."

u.120412,"TC:
Dan barang apa saja yg kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yg sebaik2nya. (QS Saba':39)
KET:
Ibnu Katsir: Yaitu apapun yg kau infakkan di dlm hal yg diperintahkan kpdmu atau yg diperbolehkan, maka Dia (Allah) akan memberikan ganti kpdmu di dunia dan memberikan pahala dan balasan di akhirat kelak. (Al Asbab al Jalibah lir Rizqi)"

u.130412,"TC:
Hai orang2 yg beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sbagian dr hasil usahamu yg baik2 dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dr bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yg buruk2 lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dg memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS Al Baqarah: 267)"

u.140412,"TC:
Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS Al Baqarah: 268)"

u.150412,"TC:
Dlm hadits qudsi Rasulullah bersabda: Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: Wahai Anak Adam, berinfaklah maka Aku (Allah) akan berinfak kepadamu. (HR Muslim)"

u.160412,"TC:
Ikutilah haji dg umrah karena sesungguhnya keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa sebagaimana pande besi menghilangkan karat dari besi, emas atau perak, dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga. (HR at-Tirmidzi dan an-Nasai, al-Albani: shahih)"

u.170412,"TC:
Rabbisyrahliy shad-riy wa yassirliy amriy.
Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku. (QS Thaahaa 25-26)
KET:
Doa minta agar dimudahkan segala urusan. Ini adalah doa Nabi Musa kpd Allah ketika hendak menghadapi Fir'aun yg kejam."

u.180412,"TC:
Tidaklah kalian semua diberi pertolongan dan diberikan rizki melainkan karena orang-orang lemah diantara kalian. (HR al-Bukhari)
KET:
Dhu'afa' (orang2 lemah) diantaranya: fuqara, yatim, miskin, orang sakit, orang asing, wanita yang terlantar, hamba sahaya dsb. (Al Asbab al Jalibah lir Rizqi)"

u.190412,"TC:
Infakkan, atau sedekahkan, atau nafkahkanlah, dan janganlah kamu menghitung2nya sehingga Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menghitung2 pemberian-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu menakar2nya sehingga Allah akan menakar2 pemberian-Nya kepadamu.
(HR. Al-Bukhari 1433, dan Muslim 1029)"

u.200412,"dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau bersabda: Allah berfirman: 'Wahai manusia, luangkanlah waktu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengisi hatimu (dadamu) dengan kekayaan dan aku akan tutupi kefakiranmu. Jika kamu tidak beribadah, maka aku akan memenuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan tidak Aku tutupi kefakiranmu'. (Shahih Ibnu Majah 4107)
(Al Asbab al Jalibah lir Rizqi)"


u.210412,"TC:
Sedekah tidak mengurangi harta. Allah tidak menambah kepada seorang hamba karena sifat maafnya, kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seseorang merendahkan diri (tawadhu') karena Allah melainkan Allah 'Azza wa Jalla akan mengangkat derajatnya.
(HR Muslim 2588)"

u.220412,"TC:
Tangan diatas lbh baik drpd tangan yg dibawah, mulailah dr orang yg mjd tanggunganmu & sebaik2 sedekah adl yg diambil dr sisa kebutuhannya sendiri. Brgsp mnjaga kehormatannya, mk Allah akan mnjaganya. Dan brgsp merasa cukup, niscaya Allah akan mencukupkan (hatinya).
(HR Al-Bukhari 1428, & Muslim 1034)"

u.230412,"TC:
Barangsiapa yg senantiasa beristighfar (memohon ampunan kpd Allah), niscaya Allah menjadikan baginya jalan keluar dari setiap kesempitan, kemudahan dari setiap penderitaan, serta memberinya rezeki (yg halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.
(HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah & al-Hakim)"

u.240412,"TC:
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam bersabda: Barangsiapa mengumpulkan harta yang haram, kemudian bersedekah dengannya (yaitu dg harta tersebut), maka ia tidak akan mendapatkan pahala karenanya dan dosa menjadi tanggungannya (miliknya).
(HR Ibnu Hibban no. 3356)"

u.250412,"TC:
Wahai manusia, brtakwalah kpd Allah & sederhanalah dlm mencari nafkah. Karena sungguh seseorang tdk akan mati hingga sempurna rizkinya. Meskipun (rizki itu) brgerak lamban. Maka brtakwalah kpd Allah & sederhanalah dlm mencari nafkah, ambil yg halal & tinggalkan yg haram.
(HR Ibnu Majah, Ibnu Hibban)"

u.260412,"TC:
Rasul bersabda: Janganlah kamu tahan tanganmu dari berinfaq karena takut miskin, sebab nanti Allah menyempitkan reziki bagimu.
Beliau jg bersabda: Janganlah kamu menghitung-hitung untuk bershadaqah karena takut miskin, sebab nanti Allah menyempitkan rezeki bagimu.
(Shahih Bukhari: 1343)"

u.270412,"TC:
Rasul: Wajib bagi setiap muslim bershadaqah!
Sahabat: Wahai Nabi Allah, bgmn kalau ada yg tdk sanggup?
Rasul: Dia bekerja dg tangannya shg bermanfaat bg dirinya lalu dia bershadaqah.
Sahabat: Bgmn kalau tdk sanggup?
Rasul: Dia mmbantu orang yg sangat memerlukan bantuan.
Sahabat: Bgmn kalau tdk sanggup jg?
Rasul: Hendaklah dia berbuat kebaikan (ma'ruf) dan menahan diri dr keburukan karena yg demikian itu berarti shadaqah baginya.
(Shahih Bukhari: 1353)"

u.280412,"TC:
Di setiap ruas persendian seseorang ada kapasitas untuk bersedekah.
Setiap tasbih adl sedekah, setiap tahmid adl sedekah, setiap tahlil adl sedekah, setiap takbir adl sedekah, memerintahkan kebaikan adl sedekah, mencegah dari kemungkaran adl sedekah, namun dua rakaat shalat Dhuha yg dilakukan oleh seseorang menyamai semua itu. (Muslim 2/158)"

u.290412,"TC:
Lelaki: Wahai Rasulullah apakah sedekah yang paling baik?
Rasul: Kamu bersedekah ketika kamu sehat lagi kikir, kamu takut menjadi miskin dan ingin kaya. Janganlah kamu menunda-nunda sedekah hingga ajalmu telah sampai di tenggorokan, sehingga saat itu kamu akan berkata: ''Berikanlah kpd si fulan begini dan kpd si fulan begitu'', dan ingatlah sedangkan hartanya ketika itu memang untuk si fulan. (Muslim 3/93)"

u.300412,"TC:
Jika perbuatan mesum dalam suatu kaum sudah dilakukan terang-terangan, maka akan timbul wabah dan penyakit-penyakit yang belum pernah menimpa orang-orang terdahulu. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)"

u.010512,"TC:
Jika suatu kaum menolak mengeluarkan zakat, maka Allah akan menghentikan turunnya hujan. Kalau bukan karena binatang-binatang ternak tentu hujan tidak akan diturunkan sama sekali. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)"

u.020512,"TC:
Jika suatu kaum mengurangi takaran dan timbangan, maka Allah akan menimpakan paceklik beberapa waktu, kesulitan pangan dan kezaliman penguasa. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)"

u.030512,"TC:
Jika penguasa-penguasa mereka melaksanakan hukum yang bukan dari Allah, maka Allah akan menguasakan musuh-musuh mereka untuk memerintah dan merampas harta kekayaan mereka. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)"

u.040512,"TC:
Jika mereka menyia-nyiakan Kitabullah dan sunah Nabi, maka Allah menjadikan permusuhan di antara mereka. (HR Ahmad dan Ibnu Majah)
"


u.050512,"TC:
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Lihatlah orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu karena hal itu lebih patut agar engkau sekalian tidak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu. (Muttafaq Alaihi)"

u.060512,"TC:
Ali berkata: Cintailah orang yg engkau cintai dg sewajarnya saja, karena mungkin ia akan menjadi orang yg engkau benci suatu hari nanti. Bencilah orang yg engkau benci dg sewajarnya saja, mungkin ia akan menjadi kecintaanmu suatu hari nanti.
(Shahih Adabul Mufrad 992/1321)"

u.070512,"TC:
Allah Subhanahu wata'ala berfirman :
Dan sesungguhnya inilah jalan-Ku yg lurus maka ikutilah dia dan jangan kamu ikuti jalan2 (lainnya) sebab jalan2 itu akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Allah berwasiat kpd kamu mudah-mudahan kamu bertaqwa. (QS. Al An'am : 153)"

u.xx0512,"INFO TC:
Mulai edisi 080512 insya Allah kami akan menghadirkan serial SMS tentang 'BENCANA GHIBAH'. Semoga kita bisa menghindarkan diri dr ghibah. Selamat mengikuti."

u.080512,"TC:
Dan janganlah sebagian kalian menggunjingkan sebagian yang lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kpd Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS Al Hujurat 12)"

u.090512,"TC:
Allah menyamakan mengghibahi saudara kita dg memakan daging saudaranya (tadi) yg telah menjadi bangkai, (hal ini) sangat dibenci oleh manusia. (Taisir Karimir Rohman: Al-Hujurat :12)
KET:
Memakan bangkai hewan yg sudah busuk saja sangat menjijikkan, apalagi memakan daging (bangkai) saudara kita."

u.100512,"TC:
Amr bin Ash Radhiyallahu'anhu melewati bangkai seekor beghal (persilangan kuda & keledai), maka berkata: Demi Allah, salah seorang dr kalian memakan daging bangkai ini (hingga memenuhi perutnya) lebih baik baginya drpd ia memakan daging saudaranya (yang muslim).
(HR Bukhari Adabul-Mufrad: 736)"

u.110512,"TC:
Rasulullah bersabda: Semua muslim terhadap muslim yang lain adalah haram, yaitu darahnya, kehormatannya, dan hartanya. (Muslim)
KET:
Orang yang mengghibah berarti dia telah mengganggu kehormatan saudaranya, karena yg dimaksud dg kehormatan adalah sesuatu yang ada pada manusia yg bisa dipuji dan dicela."

u.120512,"TC:
Rasul: Tahukah kalian apakah ghibah itu?
Sahabat: Allah dan Rasul-Nya yg lebih tahu.
Rasul: Yaitu kau menyebutkan sesuatu yg tidak disukai oleh saudaramu.
Sahabat: Bgmn jika itu memang benar ada padanya?
Rasul: Kalau memang benar begitu berarti engkau telah ghibah, tapi
jika yg kau sebutkan tdk benar berarti engkau telah berdusta atasnya.
(HR Muslim: 2589, Abu Dawud: 4874, At-Tirmidzi: 1999)"

u.130512,"TC:
Ibnu Mas'ud Radhiyallahu'anhu berkata: Ghibah adl engkau menyebutkan apa yg kau ketahui pd saudaramu, dan jika engkau mengatakan apa yg tidak ada pd dirinya berarti itu adl kedustaan.
(As Shamt 211; Syaikh Abu Ishaq Al-Huwaini: Rijalnya tsiqah)"

u.140512,"TC:
Ghibah adl menyebut aib (sdr mu) dan dia ghoib (tdk ada di dpn mu), mk sdr yg ghoib tsb disamakan dg mayat, karena si ghoib tdk mampu membela dirinya.
(Syaikh Salim Al-Hilali, Bahjatun Nadzirin 3/6)
KET:
Mayat tdk tahu daging tubuhnya dimakan, si ghoib jg tdk tahu ghibah yg dilakukan orang lain."

u.150512,"TC:
Aisyah menyebutkan seorang wanita lalu (Aisyah) berkata: Sesungguhnya dia (wanita tsb) pendek.
Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam berkata: Engkau telah meng-ghibahi wanita tersebut.
(HR Abu Dawud & Ahmad)
KET:
Menyebut kekurangan fisik pd seseorang adl termasuk ghibah."

u.160512,"TC:
Aisyah mengatakan Shafiyah pendek. Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Sungguh engkau telah mengucapkan suatu kalimat yang seandainya kalimat tersebut dicampur dengan air laut niscaya akan merubahnya.
(HR Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ahmad
)"

u.170512,"TC:
Dari Jarir bin Hazim: Ibnu Sirin menyebutkan seorang laki-laki kemudian dia berkata: Dia lelaki yg hitam.
Kemudian dia berkata: Aku mohon ampunan dari Allah, sesungguhnya aku melihat bahwa diriku telah meng-ghibahi laki-laki itu.
(As-Shamt 213,753, Syaikh Abu Ishaq Al-Huwwaini: Rijalnya tsiqah)"

u.180512,"TC:
Ibnu Sirin: Aku melihat engkau sedang sakit.
Thauf bin Wahbin: Benar.
Ibnu Sirin: Pergilah ke tabib fulan, mintalah resep kpdnya!
(Tapi) kemudian dia berkata lg: Pergilah (saja) ke fulan (tabib yg lain) karena dia lebih baik drpd si fulan.
Kmd Ibnu Sirin berkata: Aku mohon ampun kpd Allah, menurutku aku telah meng-ghibahi dia (tabib yg pertama).
(Kitabuz Zuhud jilid 3 hal 748)"

u.190512,"TC:
Aisyah berkata: Aku meniru-niru (kekurangan/cacat) seseorang kpd Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.
Maka Nabi pun bersabda: Saya tidak suka meniru-niru (kekurangan/cacat) seseorang (walaupun) saya mendapatkan (harta/ keduniaan) sekian-sekian.
(HR Abu Dawud: 4875, Tirmidzi 2502, Ahmad 6/189)"

u.200512,"TC:
Bgmn jika yg dighibahi adl orang kafir?
Ibnul Mundzir: bahwa siapa yg bukan sdr (se-Islam) spt yahudi, nasrani, & seluruh pemeluk agama2 (yg lain), dan (juga) orang yg kebid'ahannya telah mengeluarkannya dr Islam, maka tdk mengapa ghibah terhadapnya.
(Subulus salam 4/299 dan Taudhilhul Ahkam 6/328)
KET: Selama hal ini bertujuan untuk mengingatkan orang2 dari kesesatan dan kebid'ahan tersebut, bukan sekedar untuk menjelek2an pelakunya."

u.210512,"TC:
Rasulullah: Ketika aku dimi'rajkan, aku melihat suatu kaum yg berkuku tembaga digunakan untuk mencakar muka & dada mereka sendiri. Maka aku bertanya kpd Jibril: Siapakah mrk itu? Ia menjawab: Mrk (adl orang) yg memakan daging orang lain (ghibah) & merusak kehormatan mrk.
(Shahih Sunan Abu Dawud 4878)"

u.220512,"TC:
Sayyid Sabiq rahimahullah: Adapun puasa Rajab, maka ia tdk memiliki keutamaan dr bulan haram yg lain. Tiada hadits shahih yg menyebutkan keutamaan puasa Rajab secara khusus. Jika pun ada, maka hadits tsb tdk bs dijadikan dalil pendukung.
(Fiqh Sunnah, 1: 401)
KET: Tdk disunnahkan puasa pd 1 & 2 Rajab."

u.230512,"TC:
Umar bin Khaththab menarik tangan orang2 (yg berpuasa) pd bulan Rajab lalu meletakkannya di mangkuk besar dan ia berkata: Makanlah!, karena ini adalah bulan yg dahulu diagungkan kaum jahiliyah. (HR Ibn Abi Syaibah dlm Muhshannaf-nya, Imam Ahmad)
KET: Beliau melarang pengkhususan puasa pd bulan Rajab.
Ibnul Qayyim: Setiap hadits yg membicarakan puasa Rajab dan shalat pd sebagian malam (seperti shalat Raghaib), itu berdasarkan hadits dusta. (Al Manar Al Munif, hal. 49)"

u.xx0512,"TC:
Jika biasa puasa Senin-Kamis, Daud, puasa hari putih, lakukanlah jg di bln Rajab. Ramadhan jg sdh dekat, segeralah meng-qadha jika ada hutang puasa. (admin)"

u.240512,"TC:
Shalat Raghaib:
- Mlm Jumat pertama Rajab.
- antara magrib-isya.
- 12 rakaat, 2 rakaat salam.
- Setiap rakaat Al Fatihah, Al Qadar 3X, Al Ikhlash 12X.
- Setelah shalat bershalawat 70X (Allahumma Sholli 'Ala Muhammadin Al Nabi Al Umiyi Wa 'Ala Alihi).
- Sujud bc: Subuhun qudusun Rabul Malaikati Wa Al Ruh.
- Duduk bc: Rabb ighfirli warham wa tajaawaz amma Ta'lam Inaka anta Al Aziz Al A'zham.
(hadits yg mendasarinya PALSU, tidak boleh diamalkan)."

u.250512,"TC:
Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah:
Ttg Shalat Raghaib TIDAK PERNAH Rasulullah menyuruh melaksanakan, tdk pula para khalifah & tdk seorang Imam pun yg menyunnahkan, spt Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, Imam ats-Tsaury, Imam al-Auzaiy, Imam Laits dll.
(Majmu' Fatawa XXIII/132, 134)"

u.260512,"TC:
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS Al Isra:36)"

u.xx0512,"INFO TC:

Alhamdulillah Anggota TC 7487 orang.
Sdr <Name>, kita lanjutkan serial SMS ttg 'BENCANA GHIBAH'.
Terimakasih tetap stia membaca SMS TC."

u.270512,"TC:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Setiap muslim adalah diharamkan atas muslim lainnya, pada hartanya, kehormatannya dan darahnya. Cukuplah seseorang dikatakan berbuat jahat dg hanya menghina saudaranya sesama muslim.
(Shahih Sunan Abu Dawud 4882)"

u.280512,"TC:
Berkata Imam Nawawi dlm Al-Adzkar: Ghibah diharamkan jg bg orang yg mendengarkan dan menyetujui. Maka wajib bg siapa sj yg mendengar seorang mulai mengghibahi (sdrnya yg lain) untuk melarang orang itu. Dan jika dia takut kpd orang itu, maka wajib baginya untuk mengingkari dg hatinya dan meninggalkan majelis tempat ghibah tersebut jika hal itu memungkinkan."

u.290512,"TC:
Siapa yang mempertahankan kehormatan saudaranya yang akan dicemarkan orang, maka Allah akan menolak api neraka dari mukanya pada hari kiamat.
(HR At-Tirmidzi 1931 dan Ahmad 6/450)
KET: dianjurkan bagi seseorang yg mendengar saudaranya dighibahi untuk mencegah & membela kehormatan saudaranya tersebut."

u.300512,"TC:
Syaikh Utsaimin: Diantara mereka (ulama) berkata: Engkau (yg mengghibah) harus datang ke dia (yg dighibahi) dan berkata kpdnya: Wahai fulan sesungguhnya aku telah membicarakan kau dihadapan menusia, maka aku mengharapkan kau memaafkan aku dan merelakan (perbuatan) ku.
(Syarah Riyadlus Shalihin 1/78)"

u.310612,"TC:
Syaikh Utsaimin: Sbagian ulama mengatakan: Jika yg dighibahi tdk tahu (perbuatanmu), mk janganlah kau mendatanginya, (hendaknya) kau memohon ampun untuknya dan kau mmbicarakn kebaikan2nya di tempat2 kau mengghibahnya. Karena sungguh kebaikan2 bs menghilangkn kejelekan2.
(Syarah Riyadlus Shalihin 1/78)"

Tidak ada komentar: